10 Momen Tim Nasional Belanda di Piala Dunia Walaupun Belum Pernah Menjadi Juara

10 Momen Tim Nasional Belanda di Piala Dunia Walaupun Belum Pernah Menjadi Juara

Eprogamy- 10 Momen Tim Nasional Belanda di Piala Dunia Walaupun Belum Pernah Menjadi Juara. Belanda berhasil lolos dan akan tampil di Piala Dunia 2022, dan akan berangkat ke Qatar.

Timnas Belanda memiliki prestasi yang fantastis di Piala Dunia FIFA di masa lalu walaupun belum pernah menjadi juara turnamen tersebut.

Faktanya, Belanda adalah salah satu dari sepuluh negara dengan jumlah penampilan terbanyak di final Piala Dunia.

Belanda termasuk di antara empat tim terbaik Piala Dunia pada empat edisi yang berbeda, yaitu Piala Dunia tahun 1974, 1978 dan 2010 tim nasional Belanda kalah di 4 edisi final Piala Dunia tersebut.

Berikut Daftar 10 Momen Spesial Tim Nasional Belanda

Berikut ini daftar 10 momen spesial tim nasional Belanda di Piala Dunia.

1. Total Football di Piala Dunia 1974

Sepak bola telah melahirkan begitu banyak tim legendaris tetapi mungkin tidak akan pernah ada tim yang seperti Belanda di tahun 1974. Sebagai pencetus Total Football, tim ini dikenal dan dianggap sebagai salah satu tim terbaik sepanjang masa.

Total Football awalnya di kenalkan oleh pelatih Rinus Michels dan kapten Johan Cruyff adalah filosofi menyerang berdasarkan ball position dan eksploitasi ruang. Filosofi total football telah memengaruhi pelatih di seluruh dunia mulai dari Louis van Gaal sampai Pep Guardiola.

Sebagian orang menilai, ini adalah teknik dan formasi dalam sepak bola. Bagi orang lain, itu seperti menampilkan seni.

Tragisnya, anak asuh Michels akhirnya kalah di final 1974 saat melawan Jerman Barat, tetapi mereka akan tetap dikenang karena permainan mereka sebagai status legendaris hingga hari ini.

2. Gol Ajaib Dennis Bergkamp di tahun 1998

Untuk menjadi striker legendaris, Anda perlu menciptakan gol legendaris. Dan itulah yang dilakukan Dennis Bergkamp dalam laga perempat final Belanda melawan Argentina di Piala Dunia 1998.

Setelah umpan panjang yang akurat dari bek Frank de Boer, teknik, visi, dan keberanian Dennis Bergkamp yang luar biasa membuat Belanda lolos ke semi final Piala Dunia. Itu adalah gol kemenangan dalam laga yang mendebarkan.

Tidak mengejutkan, gol Bergkamp akan diingat oleh banyak orang sebagai salah satu gol Piala Dunia terbaik sepanjang masa.

3. Momen Tim Nasional Belanda Merayakan menjadi Juara 2

Di luar status legendaris karena taktik total football, tim Total Football 1974 Belanda tidak pernah menjuarai Piala Dunia. Mereka harus mengakui ketangguhan Jerman Barat di final Piala Dunia edisi tersebut.

Menurut sebagian orang, kekalahan Belanda di final itu menjadikan mereka sebagai tim nomor dua abadi.

Ketika Belanda kalah di final atas Spanyol pada 2010, Belanda terlihat tidak terlalu keberatan seperti yang Anda harapkan.

4. Runner Up tahun 2010

Banyak yang telah dibicarakan karena taktik dan gaya permainan Belanda selama Piala Dunia 2010. Terlepas dari bagaimana cara mereka bermain, tentu patut dipuji Belanda berhasil melaju hingga ke final Piala Dunia untuk pertama kalinya sejak 1978.

Pada akhirnya, Belanda gagal menjadi juara usai dikalahkan Spanyol di final setelah gol Iniesta di perpanjangan waktu.

Mungkin timnas Spanyol memang ditakdirkan untuk menjuarainya. Meskipun demikian, Belanda hampir menjadi juara. Seandainya Casillas tidak menggagalkan usaha Robben untuk mencetak gol pada menit ke-62.

5. Runner Up tahun 1978

Belanda menyihir dunia dengan gaya bermain Total Football mereka pada tahun 1974. Pada akhirnya, mereka hanya menyelesaikan turnamen di posisi kedua, setelah harus mengakui ketangguhan Jerman Barat di final.

Namun, pada Piala Dunia 1978, mereka mencobanya lagi walaupun edisi kali ini tidak didampingi pelatih Rinus Michels dan pemain bintang Johan Cruyff.

Untuk kedua kalinya secara beruntun, Belanda melaju hingga ke final. Dan untuk kedua kalinya secara beruntun, mereka kalah, kali ini bertemu Argentina.

6. Momen Tim Nasional Belanda Menang Atas Brasil pada tahun 1974

Banyak perhatian tertuju di final, tetapi banyak juga orang melihat pertandingan Belanda melawan Brasil di putaran kedua Piala Dunia 1978 karena permainan Total Football mereka diedisi yang lalu.

Belanda mencetak dua gol saat bertemu Brasil, yang telah memenangkan Piala Dunia edisi sebelumnya. Dengan memimpin terlebih dahulu saat melawan juara bertahan, Belanda menunjukkan kepada dunia bahwa Total Football telah hadir.

Menjelang akhir laga, suhu permainan meningkat di lapangan, dengan pemain Brasil itu melancarkan beberapa tekel buruk. Tapi Belanda berhasil menahan dan memenangkan laga dengan skor 2-0.

7. Belanda Kembali Bertemu Brasil di 2010

Di perempat-final Piala Dunia 2010, Belanda melawan Brasil yang lapar dan motivasi untuk menjadi juara.

Hal-hal yang tidak terlihat baik untuk Belanda selama laga dibabak pertama. Di babak pertama, Robinho membawa Brazil unggul setelah mencetak gol 1-0 dengan memanfaatkan umpan akurat Felipe Melo.

Terlebih lagi, karena pernah menjadi juara 5 kali Brasil pada umumnya tampak lebih mungkin untuk memberikan kejutan malam itu di Afrika Selatan.

Namun setelah usai istirahat babak pertama, jendral lini tengah Belanda Wesley Sneijder membukukan gol bukan hanya sekali, melainkan dua kali, membuat Brasil harus pulang lebih awal di Piala Dunia.

8. Gol Penyama kedudukan Kluivert pada tahun 1998

Semi-final antara Belanda dan Brazil selama Piala Dunia 1998 adalah laga antara dua negara besar dengan tradisi sepakbola. Laga itu juga merupakan pertarungan antara dua penyerang hebat Ronaldo di Brazil dan Patrick Kluivert di Belanda.

Pada menit ke 46, Ronaldo terlebih dahulu membuka skor. Pada menit ke-87, Belanda berhasil menyamakan kedudukan lewat gol Kluivert, yang dengan sigap menyundul bola yang diberikan oleh Ronald de Boer.

Akhirnya, Brazil memenangkan pertandingan melalui babak adu penalty. Ronaldo berhasil mencetak gol dibabak adu penalty, tetapi Kluivert gagal.

9. Momen Belanda Menang Atas Jerman Timur pada tahun 1974

Memang, Belanda gagal menaklukan Jerman Barat di final Piala Dunia 1974, tetapi sebelum itu terjadi, tim Total Football Belanda menundukkan Jerman Timur. Selama putaran kedua Piala Dunia, Belanda mengandaskan Jerman Timur dengan skor 2-0.

Sebagai negara dengan wilayah geografis yang berdekatan, Belanda dan Jerman selalu menjadi rival abadi, dan sementara final yang kalah pada tahun 1974 pada akhirnya akan memperburuk keadaan, kemenangan ini terasa manis.

10. Davids Mencetak Gol Kemenangan 2-1 pada tahun 1998

Belanda mengalami masalah dalam laga babak 16 besar melawan Yugoslavia pada Piala Dunia 1998. Menjelang pertandingan berakhir, skor masih 1-1.

Lalu ada Edgar Davids. Dari sisi kotak penalti, “The Pitbull” menabrakkannya melewati pemain lawan yang kebingungan, menghasilkan kemenangan untuk Belanda saat mereka maju ke perempat-final.

Seandainya Davids tidak mencetak gol. Belanda mungkin akan tersingkir, dan kita tidak akan pernah melihat Dennis Bergkamp mencetak gol ajaibnya melawan Argentina di perempat-final.